Kamis, 14 Juni 2012

fakta unik Indonesia : Buruh expat Advisor Pabrik di Indonesia


 advisor
fakta unik Indonesia, Sebuah Pabrik PMA di Indonesia, selain mempunyai pabrik pusat biasanya juga mempunyai pabrik di Malaysia atau Singapura. Untuk melancarkan transfer dan alih ilmu kepada para buruh di Indonesia, mereka juga mendatangkan buruh advisor/tenaga ahli, para expat dari pabrik yang ada Malaysia/Singapura. Dan orang-orang pilihan berdasar senioritas dan ber-skill  tinggi saja yang dikirim ke Indonesia untuk mendampingi Manajer Bagian . 

Kenapa di pilih mereka, karena secara segi bahasa, antara Bahasa Melayu dengan Bahasa Indonesia berbeda tipis. Jadi diharapkan komunikasi untuk men-transfer ilmu tidak terkendala. 

Para buruh Advisor Pabrik biasanya dikontrak/dipekerjakan dalam kurun waktu bisa mencapai 1 tahun. Tugas daripada advisor, sesuai dengan pengalaman yang dimiliki adalah men-transfer ilmu tentang kualitas produksi, arrangement produksi, handling problem dan pencapaian target produksi kepada supervisor, foreman, group leader, leader dan operator produksi.

Mereka di percaya oleh manajer bagian. Dan mereka ini merupakan tangan kedua dari sang manajer bagian. Mereka ini harus ahli dalam bidang produksi beserta kualitasnya, dan jika terjadi suatu masalah produksi, mereka harus bisa memberikan solusi cara pemecahannya. 

Para expat Advisor pabrik diperlukan jika pabrik PMA di Indonesia baru berdiri dan baru beroperasi. Dan jika ada mesin baru dan atau memproduksi “item produksi yang baru”, tenaga expat akan kembali dibutuhkan. 

Ternyata bahasa sebagai alat komunikasi memegang peranan penting untuk mencapai maksud serta tujuan. Jika suatu bahasa disampaikan dengan jelas, maka yang menerimanya akan mengerti begitu pula sebaliknya.
Kendala bahasa yang dihadapi  para Manajer Bagian yang expats dan belum pernah sama sekali belajar Bahasa Indonesia sebelumnya, membuat peranan Advisor pabrik sangat besar untuk pencapaian target produksi dan peminimalan reject dalam 1 tahun pertama pabrik itu.

Bahasa Melayu dan Bahasa Indonesia tidak berbeda jauh, para advisor pabrik dapat menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan produksi dalam bahasa Melayu. Meski mungkin ada beberapa istilah yang terdengar aneh, namun apabila di ekspresikan dengan bahasa tubuh, tulisan atau dalam bentuk gambar, semuanya akan bisa di mengerti. Dan akhirnya detil pekerjaan serta deskripsi pekerjaan dapat di jalankan sesuai yang diharapkan.