Minggu, 03 Juni 2012

fakta unik Indonesia : Jadi Buruh Pabrikdi Indonesia Yang Jujur



hari buruh

fakta unik Indonesia, Ada banyak barang yang sebenarnya hak milik pabrik terhampar di semua sudut bagian pabrik. Dari mulai bahan baku, produk jadi, spare part, barang penunjang produksi, hingga sisa limbah pabrik.

Barang bahan baku jelas akan di gunakan untuk proses produksi. Produk jadi merupakan hasil dari proses produksi yang siap di kirim ke cutomer. Spare part adalah suku cadang/onderdil dari mesin-mesin produksi di pabrik. 

Sedang barang penunjang produksi, adalah barang yang fungsinya mendampingi proses produksi dan memperlancar jalannya produksi. 

Kalau limbah industri dari pabrik, berarti sisa hasil proses produksi yang tidak berguna, bisa bekas spare part yang rusak, produk reject dan sisa barang penunjang produksi.

Terkadang buruh yang nakal mempunyai kejelian untuk memanfaatkan barang-barang milik pabrik di Indonesia. Dengan berlaku curang membawa pulang barang-barang tersebut untuk dimanfaatkan di rumah/tempat tinggalnya. Dan yang lebih berbahaya berniat menjual ke penadahnya.

buruh

Kejelian petugas security pabrik sangatlah diperlukan untuk mengamankan tindakan pencurian yang dilakukan buruh pabrik itu sendiri. Tidak ada kongkalikong kerjasama antara petugas satpam security pabrik yang nakal dengan buruh yang nakal. Karena kasus pencurian bisa di laporkan kepada pihak kepolisian.

Ada banyak contoh kasus buruh membawa barang-barang milik pabrik untuk dibawa pulang. Missal, kayu palet di potong-potong untuk membuat rak/meja di rumah kontrakan murah, ember bekas di bawa pulang untuk ember cucian di rumah, karton box di bawa pulang ketika menjelang lebaran untuk membawa oleh-oleh buat di kampong, alat-alat maintenance dibawa pulang buat bekal peralatan di rumah, sisa ink silver di bawa pulang untuk di jual lagi, bekas timah solder di kumpulkan dan dibawa pulang untuk dijual lagi, dan masih banyak lagi.

Maka sangat diperlukan kejujuran bagi buruh pabrik. Dan memang tidak semua buruh mempunyai sifat seperti itu. Harus ada ketegasan dari pihak satpam security pabrik. Jika ada satu buruh di berikan kesempatan membawa barang-barang milik pabrik, tentunya akan mengundang buruh-buruh yang lain untuk melakukannya. 

Melakukan pemeriksaan dan penggeledahan oleh pihak security pabrik terhadap isi tas, bagasi sepeda motor dan isi mobil milik buruh dari segala tingkatan sangatlah mutlak untuk diperlukan, untuk meminimalkan tindakan pencurian oleh buruh pabrik yang  nakal.

Dan untuk lebih memantapkan kondisi keamanan sebaiknya di pasang kamera CCTV di setiap sudut pabrik yang strategis. Hasil rekaman kamera CCTV haruslah selalu di review dan dikontrol untuk memastikan bahwa pabrik dalam kondisi aman. Dan tindakan tegas berupa pemecatan buruh karena kasus pencurian harus benar-benar ditegakkan.  Hal ini dimaksudkan untuk membuat efek jera dan mengajarkan komunitas di dalam pabrik akan arti kejujuran.