Senin, 21 November 2011

alat listrik :jenis KABEL

Aneka Kabel

alat listrik ; Kabel listrik merupakan komponen listrik yang berfungsi untuk menghantarkan energi listrik ke sumber-sumber beban listrik atau alat-alat listrik.


*  harga kabel listrik Eterna  
jenis kabel
Untuk instalasi listrik rumah tinggal, kabel yang digunakan biasanya berjenis sebagai berikut:
     
  • NYA, jenis  ini merupakan Kabel listrik yang berisolasi PVC dan berintikan/berisi satu kawat. Jenisnya adalah kabel udara atau tidak ditanam dalam tanah. Kabel listrik ini biasanya berwarna merah, hitam, kuning atau biru. Isolasi kawat penghantarnya hanya satu lapis, sehingga tidak cukup kuat terhadap gesekan, gencetan/tekanan atau gigitan binatang seperti tikus. Karena kelemahan pada isolasinya tersebut maka dalam pemasangannya diperlukan pelapis luar dengan menggunakan pipa conduit dari PVC atau besi.
  • NYM, merupakan kabel listrik yang berisolasi PVC dan berintikan kawat lebih dari satu, ada yang 2, 3 atau 4. Jenis kabel udara dengan warna isolasi luar biasanya putih dan warna isolasi bagian dalam beragam, karena isolasi yang rangkap inilah maka NYM ini relative lebih kuat terhadap gesekan atau gencetan/tekanan.
  • NYY, jenis ini merupakan kabel berisolasi PVC, berintikan 2, 3 atau 4 dengan warna isolasi luarnya hitam. Jenis kabel tanah, sehingga tahan terhadap air dan gencetan atau tekanan.
  •  
  • NYMHYO, jenis ini merupakan Kabel serabut dengan dua buah inti yang terdiri dari dua warna. Jenis ini biasa digunakan pada loudspeaker, sound sistem, lampu-lampu berdaya kecil sampai sedang.
Demikian sekilas pengenalan peralatan-perlatan listrik untuk instalasi listrik rumah tinggal, keterangan fungsi, bentuk/konstruksi dan cara kerja dari masing-masing alat merupakan penjelasan secara umum. Dalam penggunaan kabel yang akan di pakai maka sebaiknya kita sebagai pemakai harus mengerti sedikit tentang penggunaan instalasi yang digunakan untuk apa, berfungsi seperti apa, dan mempunyai tingkat efesiensi yang lebih baik untuk penggunaan kabel tersebut. 
Kami LISTRIK GROSIR menginformasikan kabel jenis-jenis standart untuk rumah tangga dan kantoran.