Sabtu, 26 Mei 2012

fakta unik Indonesia : Limbah Industri Pabrik untuk Kesejahteraan Buruh Indonesia

limbah pabrik

fakta unik Indonesia: “Limbah pabrik” sebuah peluang usaha yang menjanjikan.
Sayangnya hingga saat ini, pengelolaan dari hasil penjualan limbah pabrik hanya dinikmati oleh segelintir orang saja dan biasanya mereka ini orang-orang yang masuk dalam jajaran manajemen local.
Banyak orang asing yang baru masuk dalam jajaran manajemen pabrik (jika pabriknya PMA)  di Indonesia, tidak mengetahui bahwa sebenarnya limbah pabrik tersebut mempunyai nilai jual ekonomis yang cukup tinggi.
Jika pengelolaan penjualan limbah pabrik dilakukan secara transparant dan jujur, tentunya semua buruh di Indonesia minimal akan mendekati sejahtera.
Semua hasil penjualan limbah pabrik diharapkan masuk ke dalam kas koperasi buruh, tidak ada satupun pihak yang diuntungkan dari hasil penjualan limbah pabrik itu.  
Dengan bertambahnya uang kas koperasi buruh, kemudian bisa di distribusikan ke semua buruh dalam bentuk “tanah kavling”, yang nilainya akan terus naik, bisa juga untuk uang muka KPR perumahan dan cicilan perumahan KPR setiap bulannya, bisa buat ke tempat rekreasi bersama, dll.
Tentunya semua buruh tanpa terkecuali harus menjadi anggota koperasi buruh di lingkungan pabrik tersebut.
Hal ini bisa di jalankan jika semua pihak dalam jajaran manajemen pabrik itu, tidak bernafsu serakah ingin menguasai limbah industri pabrik.
Harus ada mekanisme yang jelas dan koperasi buruh dalam lingkungan pabrik telah terbentuk.
Ayo wujudkan buruh Indonesia yang sejahtera dengan kejujuran pengelolaan penjualan limbah pabrik!