Sabtu, 26 Mei 2012

fakta unik Indonesia : Shift Kerja Malam hari yang Bebas Merdeka


secangkir kopi nikmat

fakta unik Indonesia, Shift kerja malam ahri  di pabrik bisa di mulai dari sore setelah Ashar hingga malam hari jam 00.00 ( Shift 2), bisa dari jam 00.00 hingga waktu menjelang Sholat Dhuha (Shift 3), atau bisa di mulai dari setelah Maghrib hingga pagi hari menjelang matahari terbit (Shift 2  “long shift’ yang 11 jam kerja).

Mengapa shift malam begitu menggairahkan?

Karena tidak ada manajer asing, buruh manajer local dan buruh senior supervisor. Meski ada Foreman,Group Leader dan Supervisor Shift,  para buruh operator pabrik di Indonesia sudah menganggap kalau shift malam itu bebas merdeka.

Apa pasalnya, waktu untuk istirahat bisa lama, bisa lebih dari 1 jam, waktu untuk tea breakpun  bisa lebih dari ½ jam dan jangan salah kalau malam bisa istrirahat tidur lho di pabrik.

Kok bisa tidur, padahal jam kerja. Semuanya bisa di atur, semua posisi entah itu Foreman, Group Leader, Supervisor Shift hingga operator masih manusia biasa, butuh tidur dan butuh istirahat. 

Jika ada bagian di pabrik  yang bekerja berdasar “target produksi”, biasanya di awal-awal jam kerja ketika shift malam, akan bekerja mengejar target, kemudian bisa 2 jam untuk “tidur istirahat”, dan menjelang pergantian shift ke shift pagi, tinggal meneruskan sedikit sisa target yang diminta. 

Bagaimana dengan bagian yang mengharuskan “take over waktu istirahat” ketika shift malam ? 
Hal ini bisa di akali dengan waktu “tea break’’ yang lumayan lama hingga bisa buat ngopi dan tidur.

Dan bagian mana di lingkungan pabrik ketika shift malam yang “happy long rest”? Bagian Utility atau Maintenance, bisa semalaman tidak ada pekerjaan dan hanya pindah tempat tidur/numpang tidur di pabrik???

Intinya, ketika bekerja di malam hari tidak ada buruh“pembesar-pembesar di pabrik” yang mengawasi! Jadi semua happy dan semua senang, meski ketika pulang kerja di pagi hari, tetap saja mata layu dan masih saja mengantuk!