Jumat, 01 Maret 2024

TIPS BERDAGANG ALAT LISTRIK

alat listrik

Alat-alat listrik merupakan barang ‘’slow moving’’ yang perputaran uangnya lambat. Di kehidupan saat ini, kebutuhan akan alat-alat listrik tidak bisa di hindari dan alat-alat listrik bisa merupakan bagian kebutuhan hidup yang vital juga, karena sekarang sebagian besar  menggunakan energi listrik.

Keuntungan yang di dapat dari berdagang alat-alat listrik relative. Karena barang ‘’slow moving’’, biasanya para pedagang retail alat-alat listrik akan mengambil untung yang lumayan. Hal ini didasarkan atas asumsi, tidak setiap hari orang yang sama akan membeli alat-alat listrik.

Peluang usaha berdagang membuka Toko alat-alat listrik memang membutuhkan modal yang tidak sedikit. Apalagi kalo membuka grosir alat listrik. Ada baiknya ketika memulai usaha jual alat-alat listrik, survey terlebih dahulu pesaing yang ada di sekitar anda. 

Jual Lampu Led Warna-warni-Lampu Hias-Lampu Pesta-Lampu Disco

Kemudian lakukan ‘’inventarisasi’’ alat-alat listrik apa saja yang akan di beli/belanja awal.
Lakukan pembelian di tempat-tempat grosir alat-alat listrik/distributor alat listrik, dengan terlebih dahulu membanding-bandingkan harga grosir yang di tawarkan 1-3 toko grosir. 


Atau langsung ke sumber toko grosir yang bisa Anda percaya. Dan di alat-alat listrik itu sendiri ternyata ada barang yang ‘’fast moving’’ dan ‘’slow moving’’. 

Ketika berbelanja awal, beli 1 lusin atau lebih alat-alat listrik yang sekiranya cepat perputarannya (fast moving)  dan untuk alat-alat listrik lain yang ‘’slow moving’’, belilah ¼ lusin saja.

Hal ini dimaksudkan, toko alat-alat listrik yang akan anda kelola nantinya mempunyai alat-alat listrik yang lengkap dan pembeli yang datang ke toko listrik anda merasa senang, tidak kecewa dan tidak kecele ketika akan berbelanja. 

Ingat, ketika seorang pembeli tidak mendapati alat listrik yang di inginkannya, besoknya dia akan kapok untuk mampir ke toko listrik anda.

Sebenarnya kunci berdagang alat-alat listrik hanya pada harga dan kelengkapan isi dagangan toko listrik anda. Mengenai harga alat listrik, anda bisa melakukan survey harga ke toko listrik yang ada di sekitar anda, sehingga anda  dengan membeli beberapa alat listrik, dengan demikian anda akan tahu berapa range harga pasarannya dan dapat membuat daftar harga alat listrik sendiri. Mudah bukan?

Jika Anda mempunyai keahlian instalasi listrik, ada baiknya ada membuka jasa instalasi listrik dan bekerja sama dengan kontraktor di daerah anda,  untuk pengadaan alat-alat listrik dan jasa instalasi listriknya. 

Dan jika Anda mempunyai dana lebih, lebih baik anda sekalian membuka toko material. Untuk memperluas pendapatan Anda, ada baiknya anda melakukan penawaran alat-alat listrik ke pabrik-pabrik di kawasan industry di sekitar kota Anda tinggal.

Dan selamat berjuang dengan semangat wiraswasta yang jujur.