Selasa, 10 Juli 2012

fakta unik Indonesia: Dilema Sales motoris


sales motoris
fakta unik Indonesia, Cerita dari seorang kawan yang sales motoris produk lampu terkenal di Indonesia. Begini curhatnya…..Ingin sich Pak,  sewaktu mendengar panggilan Adzan dalam perjalanan pekerjaan saya memasarkan barang, saya buru-buru menuju ke masjid/mushola terdekat untuk sholat tepat waktu dan sholat berjamaah .
Pernah saya melaksanakan sholat Ashar berjamah di sebuah masjid, dan di masjid tersebut ada satpamnya, perasaan hati ini nyaman dan yakin barang-barang dagangan saya ini akan aman. Tapi apa yang terjadi, ketika selesai sholat, sambil menunggu waktu untuk kembali ke kantor, saya mengecek hasil penjualan hari itu sambil juga mengecek kondisi barang dagangan yang ada di motor….astaga…6 pieces lampu 3U watt yang besar hilang. Lemas saya..! Mau menyalahkan siapa, satpam? Tidak mungkinlah? Ya sudah, mau tidak mau saya ikhlaskan saja, semoga diganti sama Alloh yang lebih baik.
Tapi semenjak itu timbul kesan trauma untuk melaksanakan sholat di masjid, ketika sedang melaksanakan kewajiban bekerja. Tidak tenang, takut tidak khusu’ dan takut tidak ikhlas lagi karena khawatir akan kehilangan barang daganngan, yang tentu saja mau tidak mau harus menggantinya. Sandal saja bisa hilang, apalagi barang-barang dagangan saya ini yang harganya di atas harga sandal???
Aku terdiam, tak bisa bicara dan hanya mendengarkannya. Tawaranku mengajaknya sholat Dhuhur berjamaah di masjid dekat rumahku mungkin membuatnya teringat akan trauma kehilangan barang dagangannya. sayang sekali keutamaan sholat berjamaah ditinggalkan demi sebuah pekerjaan. Semoga saja Gusti Alloh sedang mendengarkan curhatnya…