Rabu, 30 Mei 2012

fakta unik Indonesia : Terminologi Berjualan, Berdagang dan Berbisnis


pedagang pasar tradisional

fakta unik Indonesia :

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia,
“Berjualan” mempunyai arti mencari nafkah dengan menjual atau memperdagangkan sesuatu, pelakunya di sebut dengan nama “penjual.”

“Berdagang” mempunyai arti berjual beli atau berniaga, pelakunya di sebut dengan nama “pedagang.”

“Berbisnis” mempunyai arti melakukan usaha komersial dalam dunia perdagangan dan pelakunya dikenal dengan nama “pebisnis.’’

Ketiga kata-kata diatas sebenarnya mempunyai arti yang sama.

Namun dalam perkembangannya, masing-masing kata tersebut mempunyai arti yang agak sedikit berbeda. 

Kata “berjualan” mungkin sekarang jarang di pakai orang yang berkecimpung dalam dunia usaha dan pemakaian kata ini cenderung untuk dihindari, karena kata ini secara tidak langsung mengandung makna terselubung, yaitu : modal usahanya dikategorikan kecil, omset usahanya dikategorikan masih kecil dan keuntungan yang didapat dari usahanya boleh dibilang sungguh kecil? Dan seiring dengan perkembangan jaman, sekarang sebagian orang yang melakukan aktifitas usaha  agak risih kalau disebut sebagai “penjual ”?

Sekarang kata ‘’berdagang’’ ternyata lebih popular di pakai oleh para pelaku usaha. Enak di dengar dan orang mengasosiasikan sebagai aktifitas usaha dengan modal lumayan besar, omsetnya lumayan dan keuntungannya yang di dapat sungguh lumayan. Saat ini kebanyakan para pelaku dunia usaha kecil dan menengah lebih nyaman di panggil dengan sebutan “pedagang’ ‘daripada di sebut sebagai ‘’penjual”.

Kalau kata“berbisnis” lain lagi ceritanya. Jika seseorang bercerita “ia sedang berbisnis”, orang yang diajak dalam percakapannya pasti  membayangkan suatu usaha yang bermodal sangat besar, mempunyai omset luar biasa besar dan pasti dengan keuntungan sangat besar pula. Kata “berbisnis” bisa meningkatkan image seseorang dalam pergaulan. Mungkin bisa saja, ingin di anggap sok “English” dan tidak ingin dianggap ecek-ecek, usaha yang sedang dijalankannya itu. Jadi kata “berbisnis” bisa dianggap mempunyai asosiasi yang wah,luar biasa dan memberikan kebanggaan tersendiri bagi yang menggunakannya.

Maka, sekarang terserah Anda, mau “berjualan” silakan. Mau “berdagang” sumonggo kerso.
Dan mau “berbisnis” Good Luck dech!