Minggu, 27 Mei 2012

fakta unik Indonesia : Cinta Lokasi di Mobil Jemputan karyawan

bis karyawan

fakta unik Indonesia, Ada peraturan dari Kemenakertrans, yang mewajibkan kepada setiap perusahaan/pabrik untuk menyediakan sarana transportasi  untuk buruhnya yang bekerja pada malam hari. 

Transportasi jemputan buruh yang pulang kerja shift 2 (sekitar jam 00.00 dari pabrik Di Indonesia) dan yang akan berangkat kerja shift 3 (sekitar jam 22.00 dari pick up point yang disepakati).

Peraturan yang di buat ini telah memungkinkan munculnya peluang usaha baru, yang berupa “mobil jemputan karyawan”
Biasanya orang-orang  pribadi bekerja sama dengan sebuah perusahaan jasa transportasi/perusahaan rental  yang kemudian memfasilitasinya untuk menjadi rekanan dengan sebuah pabrik. 
Dan mobil yang di tawarkan biasanya mobil tipe van sejenis : carry, kijang, panther, cukup untuk muat hingga 9 orang penumpang buruh.

Dengan adanya kerjasama ini, tentunya terbuka lapangan kerja baru sebagai sopir-sopir mobil jemputan buruh dan coordinator lapangan yang bisa juga merangkap sebagai sopir.

Kontrak pengadaan jasa mobil jemputan karyawan ini biasanya bisa mencapai 1 tahun per-term kontrak, bisa di perbarui dan bisa diperpanjang, tergantung layanan yang diberikan, kesepakatan negosiasi dan kemungkinan besarnya “under table’’ yang diberikan  untuk bagian “general affair” pabrik tersebut.

Kontrak yang 1 tahun, berarti 365 hari, berarti pula sudah ada interaksi social antara si sopir dengan para penumpangnya, si buruh-buruh pabrik. Interaksi social itu bisa di awali dengan perkenalan, pertemanan hingga keintiman sampai menuju ke jenjang pelaminan.

Tak jarang seringnya mengantar pulang malam shift 2 dan kemudian menjemput ketika shift 3, lambat laun akan terjalin “hubungan khusus” antara si sopir dengan buruh wanita penumpangnya. Biasanya hal ini terjadi jika ada buruh wanita yang sering duduk di depan dekat Pak Sopir. Dari sekedar obrolan ringan, hingga merasa setiap yang di perbincangkan nyambung, akhirnya timbul rasa suka hingga saling mengagumi satu sama lain. Dari sekedar colek tidak sengaja hingga pegang-pegangan, ketika di dalam mobil tinggal berdua, si sopir dan si buruh wanita. 

 Ada jadwal khusus yang tidak tertulis atau mungkin ada kesepakatan antara si sopir dengan kekasihnya si buruh wanita, biasanya jika pulang kerja shift 2, si buruh wanita kekasih si sopir akan di antar pulang belakangan dan akan di jemput paling awal jika masuk kerja shift 3. Mungkin dengan maksud, supaya ngobrolnya lebih lama kali!

Yang patut di waspadai, jika mendapatkan sopir mobil jemputan buruh yang sudah uzur tapi mata keranjang, biasanya kalau yang ini akan mencari buruh wanita penumpangnya yang masih muda, masih imut, tentu masih segar dan sedikit semlohai, untuk dijadikan istri yang ketiga bisa saja mungkin yang keempat. 

Dan para buruh wanita yang terkena shift malam, jangan sekali-kali curhat kepada orang yang salah, karena itu akan memberikan peluang kepada pak sopir untuk semakin mendekatimu. 

Lebih baik buruh wanita duduk di belakang karena bisa sedikit memejamkan mata setelah 8 jam berkutat di dalam pabrik dan biarlah yang duduk di depan buruh pria, biar pisang makan pisang he…he..he…